Wednesday 27 March 2019

Salah Kaprah Jurusan Teknik Informatika


Hai, salam teknik, bagi yang bukan teknik salam hangat,:) . masih disini bersama dhkengineering. aku akan sedikit menerangkan berdasarkan kapasitas yang ku ketahui bahwa masih banyaknya orang salah tanggap dengan Jurusan Teknik, berbagai macam persepsi mudah terlontarkan lantaran latar belakang teknik yang dimiliki. seakan mengartikan bahwa semua ilmu teknik yang kita  kuasai adalah sama lantaran ketidaktahuan sebagian kalangan yang tidak dimengerti perbedaan ini.
Hal ini tak terlepas dari masalah budaya yang sudah lama atau bahkan sudah terbiasa orang menyebutkan bahwa misal, ada seseorang jurusan "sebutlah" Teknik Informatika yang secara umum memang di fokuskan untuk mempelajari  komputer dan "analisis sistem". Lalu datang seseorang orang yang menyuruh yang jurusan TI ini untuk mengatasi masalah Kelistrikan atau membongkar sesuatu yang sifatnya fisik, seperti juga pasang bongkar HP dan lainnya.





Ini adalah kebiasan atas tanggapan yang selamanya akan bertahan selama kita tidak menjelaskan. memang, ini hanyalah masalah teknis, dan tidak perlu juga rasanya dipermasalahkan. begitu juga yang ku pikirkan, bahwa memang itu tidak seharusnya dipermasalah. Tapi faktanya adalah karena ketidaktahuan perbedaan itu orang-orang sering memvonis bahwa jika kita tidak menguasai Semua Ilmu dalam Teknik itu maka itu adalah hal salah menurut mereka, yang mereka tahu hanyalah bahwa, kembali aku mengatakan Jurusan Teknik yang ada dalam benak mereka semuanya di sama ratakan, dan bukan hanya sampai disitu, Kredibilitas seseorang yang menempuh jurusan TI yang disuruh benerin kabel Listrik tadi (Misalnya) lalu tidak bisa memperbaiki, maka taruhannya adalah harga diri, bisa-bisa di caci, karena "jurusan teknik urusan ini saja tidak menguasai" keluar dari mulut orang-orang yang tak tahu perbedaan ini.

Dengar baik-baik bung, bukan kami tidak mampu, hanya saja kami sudah di fokuskan dalam satu pengkhususan ilmu yang memang kami lalkukan untuk mempelajarinya . ya begitulah mungkin jika tidak tahu, maka dari itu simak ini baik-baik agar kau minimal sedikit tahu, atau syukur-syukur kau faham.

Secara sederhana, Semua jurusan perkuliahan punya kesulitan masing-masing, juga punya berpedaan prospek pastinya. jika ada yang bilang ada jurusan kuliah ada yang mudah maka bisikkan ke telinganya, "Ta*" haha.
tentang apapun yang akan diambil itu sepenuhnya adalah kemauan dari diri seseorang, mana jurusan yang akan dipilih nanti. semua ada titik tersulit dan termudahnya.

Mengacu pada titik fokus pembelajaran di kampus. karena aku ingin khusus membahas perbedaan yang ada di Teknik Informatika saja, maka yang lain kita Skip dulu lah.





Oke jadi perbedaan di jurusan Teknik Informatika itu kurang lebih ada beberapa pilihan yang sebenarnya sangat umum diketahui oleh banyak orang. karena jurusan ini tergolong jurusan yang banyak peminatnya sejak perkembangan Teknologi terus melesat. dalam Jurusan TI ada beberapa titik fokus yang dipelajari.



1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)


Pada tahap ini yang dinamakan Rekayasa Perangkat Lunak merujuk pada Pembuatan Aplikasi dan mempelajari sistem yang berjalan pada sebuah software. Belajar berbagai macam Algoitma dasar untuk menunjang kemampuan berpikir logic (Pasti) dalam menyelesaikan masalah yang tertuju pada sesuatu yang disebut dengan Bahasa Pemrograman. Melalui bahasa Perograman inilah tercipta sebuah sistem yang berujung pada pembuatan Aplikasi atau Sofware. dengan bahasa Pemrograman yang telah di ulas dalam Bahasa Pemrograman yang ada di jurusan TI ini menjadi tolak ukur kualitas sebuah sistem yang akan dibuat. Semakin banyak menguasai bahasa pemrograman dalam lingkup komputasi, semakin banyak pula masalah atau hal yang bisa diselesaikan. menjadi banyak pilihan untuk menyelesaikan pembuatan Software merupakan hal yang perlu karena Teknologi yang semakin berkembang dan selalu membutuhkan Sistem Upgrade. Maka modal yang ampuh bagi seorang Programer adalah dengan menguasai banyak bahasa pemrograman seperti ulasan dasar-dasar Pemrgraman web yang harus dikuasai oleh seseorang yang belajar RPL.


2. Bisnis Cerdas 


Sepanjang pengetahuan yang selama ini diketahui mengenai bisnis cerdas ini adalah bagaimana menciptakan sistem yang benar-benar dekat dengan kebutuhan manusia secara khusus. Seperti AI (Arificial Intelligence) yang dikenal dengan sebutan Kecerdasan Buatan.  



3. Teknik Komputer dan Jaringan 




Jaringan merupakan hal pokok yang paling utama dalam menghubungkan koneksi antara Software dan Internet. sejauh mata memandang jika tidak ada jaringan maka sistem yang ada menjadi tidak berfungsi, memang semuanya saling membutuhkan dalam hal ini. 

  • Kriptografi
Sekilas dan secara umum Kriptografi merupakan bagian dari ilmu yang mempelajari tentang keamanan Jaringan komputer. bagaimana tahap-tahap yang diperlukan untuk membentuk sebuah sistem pengamanan yang ketat sehingga berbagai percobaan pembobolan sistem akan teratasi dengan adanya Kriptografi ini. dalam keamanan komputer tersebut tidak semua berdasarkan teori yang dibuat secara mandiri, akan tetapi lebih sering menggunakan cara-cara dari tokoh-tokoh penemu keamanan Jaringan yang memang sudah terbukti untuk bisa dijadikan referensi. seperti Chipper, yang merupakan metode keamanan jaringan menggunakan angka dan beberapa gabungan huruf untuk menyatukan dalam bentuk rumus yang telah di tetapkan. rumus-rumus Chipper tersebut lalu dikembangkan lagi dengan semacam pembaharuan yang lebih detail.






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan