Thursday 28 February 2019

Perkembangan Startup, Unicorn Di Indonesia dan Dunia


Perjalanan karir seseorang kadang tidak ada yang tahu. Google memulai karirnya hanya dari gudang kecil, Perusahaan Raksasa, Apple, yang awalnya hanya dari sebuah garasi yang penuh inspirasi bagi Steve Jobs dan temannya Wozniag saat itu. itulah segelintir bahkan secuil cerita tentang awal mula bisnis yang tidak main-main.

Dan sekarang adalah waktunya. dimana kita berada dalam dunia milenial yang tak pernah lekang oleh internet, sedikit-sedikit warnet (haha itu dulu), sekarang ini hanya tinggal gerakan jari yang menguasai di layar Smarphone itu.






Ketika akan membeli sesuatu hanya dengan menungunjungi situs jual beli online. tapi pernahkah kita berpikir bagaimana awal mula bisnis online itu bisa ada. oke,kita akan bahas sedikit-demi sedikit.
Sudah banyak kita dapati Situs jual beli Online sekarang ini. banyak sekali toko online atau bisa lebih familiar dengan sebutan E-comerce yang telah banyak berperasi di indonesia. berbagai pengalaman di hadirkan kepada pengguna untuk meningkatkan kemudahan dalam berbelanja. cukup dengan sekali klik kita sudah bisa mendatangkan barang yang kita suka, dimanapun, kapanpun (selagi ada uang,haha). oke, jadi semua itu bisa kita ambil sebuah ukuran bahwa akan datang Masa dimana kita akan lebih terus dipermudah oleh keadaan selama itu tidak mempengaruhi beban. 

Orang-orang yang berjuang begitu gigih yang mulai merintis dari bawah akan merasakan kepuasan tersendiri ketika berhasil melalui tantangan mencapai pucak keberhasilan. 

CERITA PERJUANGAN 
DAN SOLUSI YANG TEPAT UTK SAAT INI

Di situasi yang bersamaan pula kita menyaksikan persaingan dibelakang layar. keterlibatan situs jual beli online itu sungguh memberi kita ruang bebas mana yang lebih nyaman digunakan atau gunakan semua yang ada selagi itu menguntungkan, bebas sekali. 


Tentang Situs Jual beli Online

Pada awal berdirinya perusahaan besar yang ada saat ini, khususnya bagi kita atau kalian yang sering berbelanja online, lihtalah ada hal yang sangat luas perjuangan-perjuangan yang terihat namun jarang kita ketahui. dari itu maka berikut ini adalah beberapa contoh mungkin yang bisa kita lihat nyata bagaimana toko online tersebut terbentuk. 



1. TOKOPEDIA


Toko Online yang satu ini sudah sagat Familiar terdegar dan terlihat di telinga kita saat ini dan hingga kini, Besutan seseorang bernama William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 17 Februari 2009 ini memberikan warna baru Dunia Online di Indonesia. E-commerce yang mempunyai ide menjadi Ensiklopedia toko-toko Online di Indonesia ini menjadi nama yang sudah jelas melekat dalam Nama Domain Tokopedia. nama yang sepertinya menjadi daya tarik menjadikan Tokpedia mendapat kepercayaan oleh PT Indosuna Dwitama. dengan Perusahaan itulah nama Tokopedia semakin membesar karena asupan giji berupa investasi besar yang diterimanya. pada tahun berikutnya Toko Online yang akrab disapa Tokped ini mendapatkan Suntikan Nurtisi lagi berupa dana dari pemodal Ventura Global yaitu East Ventures pada tahun 2010. 

Dengan sekejap asupan yang diberikan itu lalu berbagai keberhasilanpun raih, bahwa Tokopedia telah mencetak sejarah dengan Julukan Perusahaan Teknologi Pertama di Asia Tenggara dengan besar Investasi sebesar USD 100 Juta atau setara dengan 1,2 Trilliun, waw, (Lagi lagi memang Uang, dan Uang ). Perjuangan yang dimulai dengan kesungguhan ini benar-benar merubah pasar online Jual Beli Online semakin ramai di Indonesia.


2. BUKA LAPAK
  
Dengan cerita yang bersamaan terkait berdirinya Tokopedia, juga ada Bukalapak yang berdiri pada awal tahun 2010, yang didirikan oleh Achmad Zaky. Dalam perjalanan bukalapak yang mendapatkan suntikan dana sebesar $300.000 dari perusahaan e-commerce asal jepang yaitu Aucfan. Dan sekarang begitu banyak seller-seller online shop yang telah nimbrung bersama Bukapalak. Awal yang juga manarik jika dikilas balik tentang  yang terjadi di Bulan Januari 2010 Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid yang merupakan segerombolan anak muda yang bertempat tinggal di sebuah rumah kos di Bandung, Jawa Barat. dan sekarang Buka Lapak mampu membangun pasar Online begitu gigih dan kesungguhan yang juga luar biasa. dari latar belakang Zaky yang memang sebelumnya sudah mencoba berbagai macam usaha dan merasakan pahit getirnya perjuangan hingga akhirnya mempu berkolaborasi bersama rekan-rekannya untuk menciptakan Toko Online, Buka Lapak. 

Tak heran jika Bukalapak terekam sebagai startup Unicorn (memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS) di Indonesia setelah GO-JEK, Traveloka, dan Tokopedia. Apalagi ditambah dengan bumbu yang begitu manis di racik oleh zaky dengan perjalanan karirnya sekarang yang sudah begitu melejitnya perkembangan pemasaran yang dilakukan oleh Bukalapak. termasuk dengan mengajak sejumlah artis papan atas seperti Dian Sastro (Pemain Film AADC) dalam memenuhi konten kreatif pada pemasaran Bukalapak itu sendiri, (Sekedar Info sih). :).

Terlebih lagi ada ulasan pada situs marketplace lain dengan model bisnis customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen yang memungkinkan setiap penggunanya dapat menjadi penjual atau pembeli. jadi bisa saja kita juga berjualan di buka lapak dengan leluasa.


3. LAZADA


Untuk para Pendownload Software sejati, kalian pasti tahu ini. Dimana setiap hasil download akan selalu secara otomatis mengarah ke situs Lazada ini. Heran tapi tak kaget, itulah dunia pemasaran. Jadi usia yang sudah mencapai 6 tahun semenjak tepatnya 2012 Lazada adalah situs yang menawarkan berbagai macam jenis produk, baik itu elektronik, buku, serta perlengkapan traveling dan olahraga. tidak berhenti disitu, lazada juga teryata merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga tahun 2014. perkembangan yang terus berjalan, yang kantor utamanya Singapura, beberapa negara pendukung beberapa negara seperti Malaysia, Indonsia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Lazada Group sendiri adalah salah satu anak perusahaan internet Jerman bernama Rocket Internet, yang mana Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator online yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet, antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal).

4. SHOPEE


Masih berputar di negara yang sama yaitu Singapura, tempat dimana Shopee pertama kali buka di tahun 2015 sebagai pasar Onlilne sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mudah dan aman bagi penjual dan pembeli. Setelah itu Shopee yang berpusat di Singapura ini melakukan penyebaran ke negara Asia lainya. Seperti Indonesia, Malaysia,Thailand, Taiwan, Vietnam dan Filipina.


5. JD.ID



Perusahaan yang beroperasi di Jakarta ini ternyata adalah patner dari JD.Com, maka dengan domain Indonesia agar terus dikenal secara luas di masyarakat dan jadilah dengan sebutan nama JD.Id.
sebagaimana jika di lingkup JD.com, yang merupakan salah satu toko china yang mempunyai kapasitas dan jumlah pengiriman atau Transaksi yang besar. Bisnis yang di bangun dengan gigih oleh Liu Qiandong atau familiar di sapa Richard Liu. Saat bisnis yang masih menjual Produk Magneto-Optical di Beijing di tahun 1998.


Lalu dengan ceirta yang sama, pada perjuangan yang semestinya dilakukan dalam komitmen yaitu dengan terus mengikuti arah perkembangan teknologi informasi pastinya. Tepat di tahun 2015 JD.com berhasil mendapatkan suntikan dana dari hasil penjualan kurang lebih yaitu 1.26 M, dari jumlah pesanan yang begitu sangat besar mencapai 150 juta orang. 


6. AMAZON
Amazon.com. jangan main-main memang dengan Jual beli online yang satu ini. dikenal dengan sebuah perusahaan yang bukan lagi bergerak hanya sebatas lokal saja, namun Amazon sudah menyebar ke seluruh alam di dunia ini. Kantor yang berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serika ini juga mempunyai konsumen pengecer terbesar didunia. barang yang di prudoksikan pun adalah memang barang yang sebelumnya disepakati seperti barang elektronik, komputer, kabel, dan lainnya. Ide terbentuknya perusahaan Amazon yang sebelumnya mempunyai nama Cadabra di juli 1994, lalu berubah nama setahun kemudian tepatnya 1995 dengan nama Amazon ini merupakan besutan dari Jeff Bezos. Nama Amazon ternyata dikaitkan dengan nama sungai terbesar di dunia yaitu Sungai Amazon. dengan singkat , sekarang Amazon sudah memiliki beberapa situs web untuk Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia,Brasil,Belanda dan Swedia.

Sebenarnya yang tercantum tersebut di atas hanyalah contoh beberapa pilihan yang ada saat ini. secara jumlah maka akan terus bertambah dengan perkembangan yang semakin bersaing sekarang ini. ada toko online yang lain seperti Jd.id dan lainya.

Dengan adanya bisnis yang bertebaran sekarang di internet maka kita akan bebas bergerak hanya dengan bermodalkan jari telunjuk untuk membeli barang, ya kalau masalah uang tetap dari dompet elu lah, haha.











No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan