Thursday 10 January 2019

Kumpulan Beberapa Bahasa Pemrograman Dalam IT

D


Dalam menekuni bidang tertentu kita harus sesuaikan kebutuhan yang dipersiapkan untuk mengasah kemampuan yang akan dicapai. suatu hal yang memang penting. Itulah mengapa di ciptakanya alat ataupun Platform yang mumpuni untuk hal itu. kemampuan-kemampuan tersebut tidak bisa dicapai hanya dengan mengandalkan membaca, apalagi menghafal saja, karena hal yang difahami konsepnya akan lebih luas menggerakkan nalar untuk mengembangkan skill yang bagus.  
Dalam hal ini ada beberapa ulasan terbaik mudah-mudahan. tentang persiapan ketika mungkin dari kita ingin berniat belajar menguasai dunia teknologi melalui pintu Bahasa Pemrograman. Dengan dasar yang jelas bahwa banyak sekali tersedia bahasa pemrograman yang hadir menyerbu sampai-sampai kadang kita bingung harus menguasai yang mana. hal itu disebabkan karena minimnya pengetahuan awal ketika hendak akan belajar bahasa pemrograman. disaat yang sama ketika kebingungan itu datang, maka semakin hadirnya inovasi baru semisal seperti bahasa pemrograman yang terupdate kita seolah sudah merasa kalah, dan memutuskan untuk berhenti sebelum berperang (Kalo mau perang Main PUBG aja kita, haha). 

Oke, meskipun demikian kita minimal tahu apa saja yang menjadi niat awal. untuk kawan-kawan yang sedang belajar bahasa pemrograman saat ini, khususnya mungkin yang sedang mengenyam pendidikan kuliah di jurusan teknik informatika, teknik informasi, teknik elektro, dan jurusan lainnya yang terikat dengan bahasa Pemrograman, mudah-mudahan tidak menyurutkan niat untuk tetap semangat belajar bahasa pemrograman untuk memenuhi perkembangan zaman.

Secara Serius, Kumpulan bahasa pemrograman ini memang tidak semua dipelajari dalam perkuliahan. karena diperkuliahan kita hanya belajar dasar-dasar logika untuk menempuh pemahaman bahasa pemrograman itu sendiri. dikarenakan dasar logika adalah hal terpenting untuk menemukan titik permasalahan ketika akan membuat sebuah program/aplikasi, maka dengan begitu hasil akhir tentang bahasa pemrograman yang akan digunakan nantinya akan jauh lebih mudah jika sudah menguasai gerbang-gerbang logika dasar pemrograman tersebut. intinya adalah dasar pemahaman logika jauh lebih penting ketika langsung terjun menyelami bahasa pemrograman tersebut.

Untuk belajar Bahasa pemrograman ini membutuhkan kesungguhan yang benar-benar mempunyai niat tidak tanggung-tanggung. Jika tidak maka akan sagat susah untuk menyerap pemahaman yang akan di pelajari nantinya. Ya dengan tidak terlalu memaksakan dan dibawa dengan rasa suka apapun bisa terjadi.

Dari sudut lain seolah ada yang berbisik kepadaku, (ah aku sendiri tidak mengerti mengapa pembahasan ini hadir, dalam hati kecil berkata,
 
"sudahlah jangan khawatir , kita masih sama-sama belajar). 

Baiklah , ada beberapa kumpulan bahasa pemrgraman yang dapat djadikan acuan untuk membuat
 terobosan baru dalam membuat program aplikasi. kalaupun tidak menjadi progammer minimal tahu bahasa pemrograman yang ada di Indonesia.



1. JAVA 
Dulu ketika pertama kali masuk ke perkuliahan ingat sekali tentang bahasa pemrgraman yang satu ini. Java adalah hal yang sulit saat itu, ya meskipun saat ini masih beda tipis sulitnya, hehe. dari bahasa pemrograman ini lebih dikenal dengan pemrogrman yang berorientasi objek. jadi dengan istilah sederhananya pemrogrman ini menjadi bahasa pemrograman yang terpopuler, kelebihan dari pemrograman ini bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, juga termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, saat ini merupakan masa dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.


2. PHP

Bukan Pemberi Harapan Palsu, tapi
Hypertext Pre-processor. Bahasa Ini merupakan bahasa Pemrograman yang lebih banyak dikenal dalam urusan dunia online. ya banyak sekarang programmer-programmer pemula yang suka dengan pemrograman yang satu ini. ikatannya cenderung membuat kita merasa nyaman dengan hasil yang ditampilkan. bukan sekedar membuat Skript yang sulit secara algortima akan tetapi juga kadang mudah diretas oleh hacker yang handal.

3. PHYTON

Dari segi nama sangar sekali dan memang Pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. karena sempat mendapat predikat firasat dapat membobol sebuah sistem, pemrograman ini bisa mengetahui titik kelemahan dari pemrograman lain, walau hanya isu namun ini menunjukkan bahwa betapa bahayanya bahasa pemrogrman yang satu ini. Python juga pastinya bisa membangun aplikasi,berbasis web atau berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo.


5. VB (VISUAL BASIC)



Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC. bahasa pemrograman ini tergolong familiar ketika kita mungkin menemui aplikasi kasir yang ada di indomart dan alfamart, karena selain jaza atau android, aplikasi-aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ini



6. C#
C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows. 






7. JAVASCRIPT

bahasa pemrograma ini dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Dengan JavaScript kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik. lebih tepatnya lagi Javascript ini lebih biasa dikenal selalu berkolaborasi dengan bahasa pemrograman PHP dan HTML. 




8. C++  

C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. untuk tahap penyempurnaan bahasa pemrogrman ini dikembangan dari bahasa C. memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, C++ dan C memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang populer karena banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembanganya di hentikan.



9. OBJECTIVE-C
bahasa pemrograman yang aktif mengembangkan aplikasi besutan perusahaan terbesar di dunia ya itu Apple. dan untuk pengembangan Aplikasi di IOS ini pun sudah jelas tetap menggunakan bahasa pemrograman Objective-C ini. Bahasa pemrograman ini juga termasuk dalam kategori pemrograman yang berorientasi objek. 


10. ACTION SCRIPT

Berfokus pada platform Adobe Flash Player, ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan . ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five.

Jadi itulah untuk tahap ini pengenalan tentang bahasa pemrograman yang ada. semoga dengan adanya setitik informasi ini mudah-mudahan kita yang akan belajar bahasa pemrograman menjadi tetap semangat  dalam memilih bahasa yang mana terlebih dahulu dijadikan bahan pembelajan.
untuk sekedar berbagi, dalam mempelajari itu semua memang poin pentingnya harus ada tingkat kemauan yang tinggi. 
ada situs-situs penyedia pembelajaran secara mendiri Bahasa Pemrograman Android misalnya, yang sudah lama beroperasi. kita bisa langsung mengunjungi situs tersebut seperi yang tercantum ini yaitu https://school.codepolitan.com/. di situs ini akan d ajarkan secara berkala dan intensif.
ada juga situs w3schools yang bisa sekali membantu pembeajaran secara online pemrogrman berbasis PHP dan HTML. 


baik, semoga ini semua bermanfaat.








No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan