Sunday 9 December 2018

IT : Membuat Tempat Penyimpan data di Internet

Ada hal banyak yang kadang kita lakukan dalam dunia maya. dari memposting dan mengupload data dengan jumlah kapasitas yang besar, dan juga dengan berbagai jenis eksistensi file yang tersedia. dengan berbagai pilihan yang tepat beberapa dari kita kadang berpikir tentang kemana akan meyimpan file-file tersebut selain menyimpannya di hardisk (jika itu Pc/Laptop) dan memory dan lainnya. karena dari kebiasaan yang beredar bahwa file-file yang kita anggap penting selalu saja ada tantangan tersendiri ketika penyimpan file. data hilang atau terformat misalnya, atau salah hapus (ini ceroboh sih), tapi tidak mengapa, karena kita selalu ada pilihan disaat genting. untuk mengatasi itu semua perlu ada persediaan lebih awal, dengan menyimpan file-file tersebut di tempat yang aman dan tenteram (macam paten kali haha). ada beberapa opsi situs yang bisa kita lakukan untuk menyimpan file, dan tidak ribet.

1. MediaFire

    Mediafire dikenal juga memang adalah tempat penyimpanan Online yang bagus untuk file penting yang kita punya. cara penggunaanya pun tergolong mudah dan dengan sangat cepat untuk dimengerti, hanya dengan drag file ke kolom upload maka file yang dipilih akan tersimpan.

cara membuat akun Mediafire sama hal nya seperti mendaftarkan akun-akun lain seperti Email dan lainnya dan lainnya.
tinggal cari saja di mbah gugel "Mediafire" pasti ketemu tuh urutan pertama.
oke langsung ketik saja di mbah lu " Google " 



atau bisa kunjungi langsung di https://www.mediafire.com/login/

karena disini sudah tersedia sebuah akun maka bisa dilihat saja tampilan awal. atau mungkin ini tampilan secara keseluruhan layaknya tatanan file yang kita lihat selalu dalam komputer, di mediafire sangat familiar sekali untuk dgunakan.
ini adalah versi free, jadi tidak membayar apapun untuk membuat akun ini terkecuali memang ada data yang besar yang ingin disimpan, boleh saja ada versi premium yang menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, untuk Premium tentu itu berbayar.
di versi free ini nyatanya sangat mumpuni untuk menyimpan file yang berukuran/kapasitas besar. karena mediafire menyediakan free 10 gb kapasitas penyimpanannya, ya lumayan lah.



lalu untuk upload, tinggal klik saja Button yang sudah disediakan mediafire yang terletak di tengah atas, ini dia.



dengan tidak panjang kali lebar lagi, saya anggap untuk upload mengaupload kawan-kawan sekalian sudah master sekali lah. 
atau cara yang lebih praktisnya kita bisa Drag saja langsung file yang ingin di upload ke dalam Folder atau subfolder yang ada, tanpa ribet sama sekali.


2. Zippyhare





lalu yang kedua ini merupakan Penyimpan opsi kedua yang mungkin bisa digunakan dalam menyimpan data di internet. tidak terlalu juh berbeda dengan Mediafire, Zippyhare juga berperan penuh pada tingkat kenyamanan dan keamanannya,hanya perbedaan kapasitas penympanan saja yang memang jauh lebih kecil dengan mediafire. yang mana di zippyshare ini hanya menyediakan untuk versi gratisnya 500 Mb saja, ya lumayan untuk sekedar melempar file yang kapasitasnya standar. 


(Tutor Zippyshare)

dan ini adalah proses pendaftaran Zippyshare, yang sebenarnya dalam hal ini bisa saja tidak perlu mendaftar  karena sebenarnya bisa juga langsung mengupload data.
kunjungi lansung alama ini https://www.zippyshare.com/



3. 4Shared


( Icon 4Shared)

lalu ada  4shared. Jenis penyimpanan ini cukup Familiar sejak Facebook belum begitu terkenal, (Jauh sekali ya, hehe). di 4shared ini ternyata hanya bisa di operasikan atau hanya bisa berjalan di Browser-Browser tententu saja, List dari Browser tersebut bisa di lihat di Browser tercepat ini untuk mendukung 4shared. 

untuk akun yang mendaftar secara gratis bisa mengunggah dan menyimpan berkas-berkas mereka hingga kisaran 10240 MB atau 15 GB ke dalam akun 4shared mereka. Namun jika sudah memverifikasi akun email, maka kapasitas penyimpanan akan bertambah menjadi 15 GB secara gratis.

dan saya rasa untuk mendaftarkannyapun sama dengan membuat akun lain yang telah diulas sebelumnya.
untuk langsung menuju ke akun bersangkutan silahkan klik https://m.4shared.com/



4. Google Drive



Siapa  yang tidak kenal dengan ini, ah sebenarnya mau aku meletakkan di urutan pertama tadi si Google Drive ini, hanya saja memang kita pending saja biar ramai, hehe.
memang ini adalah besutan dari Google sudah lama sejak data singkronisasi hadir di Google. menyimpan file di google drive ini sudah pasti kita tidak perlu repot-repot untuk mendaftarkannya lagi jika sudah mempunyai akun gmail. kapasitas penyimpanannyapun tergolong Mumpuni yaitu, 15 Gb secara Gratis tentunya. 
sebenarnya untuk akun yang satu ini, karena sudah begitu familiar rasanya yang sudah sudah terlihat sudah cukup untuk menjelaskan bagaimana proses penyimpanan di Google drive ini.



tampilannya pun sekilas tidak jauh beda dengan Mediafire, hanya bentuk dan sistem kelolanya saja yang berbeda. 


(Tampilan Dasar Gooledrive)


baik itu saja yang kami bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 
dan jika itu belum cukup untuk memahami ataupun kurang memberi informasi yang detail, maka silahkan masukkan komantar bosku.


oke sekian.




















No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan