Thursday 8 November 2018

Inilah ia 6 Browser Paling Cepat , Aman dan Terkendali, Cekidot !

Hai hai gan, Salam Sejahtera utnuk kita semua, Jadi dalam kesempatan yang berbahagia ini ( Entah bahagia atu tidak, yang penting Syukuri Bosku, HEHE)

baik,jadi dalam kehidupan yang serba Internet ( ah serba-serba, kayak promo aja gue,haha) , kadang ketika berinteraksi dalam dunia maya sering mengeluh tentang koneksi yang lemot, atau faktor lain misalnya. padahal tidak semua permasalahan itu terleta pada kesalahan jaringan komputer, melainkan bisa jadi itu dipengaruhi oleh Browser yang digunakan.

untuk itu ada beberapa rekomendasi yang akan dhkengineering sampaikan tentang Browser apa saja yang termasuk dalah daftar browser yang masuk kategori Browser handal, yang walaupun pada kenyataannya ada web Browser yang masih bertahan keunggulannya sampai sekarang. dengan sedikit kecewa mengapa Browser yang dhk gunakan tidak disebutkan dalam daftar tersebut, karena secara fakta bahwa pada kenyataanya Bowser yang dhkengneering gunakan adalah UC browser. dengan ini tidak bermaksud ingin melenceng dari pokok pembahasan kita kali ini namun ini lebih kepada tentang apa sudah di teliti mungkin begitu ( hmm, mungkin lain kali kita bahas juga tentang UC Browser mengapa tidak muncul ke unggulannya kepermukaan Pem Browseran ( ah pem pem haha).

oke, jadi berikut Browser yang disebutkan tadi
Dimulai dari urutan Ke enam ada :

#6. Tor Browser

Tor Divonis bukan sekedar website, karena didalamnya terdapat kumpulan tools security (Waw men). Oleh karenanya Tor dianggap sebagai Browser dunia kegelapan, (ya asal jangan Dunia Hitam aja kali ya) deep web. kawan-kawan bisa mengakses website-website yang tidak terdaftar domainnya, dan mungkin bisa jadi Anda bisa mengakses website yang mungkin tidak ada di dalam google. Menariknya lagi, di Tor tidak ada yang disimpan sama sekali, tidak ada cache tidak ada history, tidak ada bookmark ( Wah hambar banget nih Tor, haha ). Tor browser memang digunakan untuk keperluan yang berbeda, disarankan Anda untuk tidak login ke situs apapun menggunakannya, karena memang bukan itu peruntukkannya. Untuk mencobanya Anda bisa mendownload di https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html.en

#5. Vivaldi

Vivaldi di buat dari Chromium, yang artinya fitur-fitur Chrome tentu ada di dalam vivaldi termasuk mengambil extension dari Chrome Web Store. Perbedaan yang paling kentara adalah Vivaldi menginginkan user itu merasakan pengalaman yang berbeda dan tentunya lebih pribadi.
Seluruhnya baik style, dan antarmuka bisa Anda kostumisasi sepenuhnya, terserah keinginan dan kebutuhan Anda. Fitur inovatifnya adalah mengelompokkan tab-tab. Anda bisa mencobanya langsung di https://vivaldi.com/

#4. Microsoft Edge

Banyak orang berkeluh kesah dengan Internet Explorer, browser bawaan windows sebelum adanya Windows 10. Saya sendiri menggunakan Internet Explorer untuk pada akhirnya tidak akan menggunakannya di kemudian hari, yakni menggunakan Internet Explorer untuk mendownload browser chrome sehingga kedepannya saya berharap tidak menggunakan internet Explorer. Banyak web designer dibuat repot oleh standar nilai dari internet explorer yang sebetulnya tidak standar. Mohon maaf kekesalan yang menaun di tuangkan ke dalam satu kalimat. Hehe...
Cukup aneh mengapa Microsoft meletakkan dua browser dalam satu operasi, Microsoft Edge dan Internet Explorer keduanya ada Microsoft Windows 10. Penulis cukup dibuat heran mengapa MIcrosoft tidak memasang satu browser saja yakni Microsoft Edge namun dikembangkan secara maksimal. Tapi jelas Microsoft Edge jauh jauh jauh lebih hebat ketimbang kakaknya terdahulu, Edge mampu berkomunikasi dengan Cortana, apabila Anda belum mengetahui lebih lanjut Cortana, Cortana itu seperti Siri di Mac, merupakan asisten virtual, banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberikan informasi cuaca, jadwal/agenda harian pengguna, menunjukkan jalan, menunjukkan catatan, mengatur alarm, menjelaskan berapa umur leonardo dicaprio dan banyak lagi. Menjalankan kesemua muanya dengan perintah suara. Yang jelas dengan Cortana Microsoft Edge akan menjadi browser yang powerfull, layaknya Jarvis atau Friday di film Ironman.
Dari sisi kecepatan Microsoft Edge bisa di andalkan, dan Microsoft mengklaim Edge betul-betul tidak culangung seperti kakaknya yakni Internet Explorer, betul-betul memikirkan permasalahan privasi.

#3. Opera

Opera diklaim sebagai browser yang sangat cocok digunakan ketika koneksi Anda tidak terlalu cepat, alias koneksi lambat. Namun sangat disayangkan opera hanya digunakan oleh 1% pengguna internet keseluruhan. Banyak keunggulan dari opera seperti User Interface yang bersih, dan opera bisa melakukan segala hal yang dilakukan pesaingnya, baik dari fitur kecepatan keamanan dan kostumisasi, namun dengan beberapa keunggulan lainnya seperti size yang lebih ringan dibandingkan yang lain.
Salah satu alasan mengapa dianjurkan menggunakan opera adalah fitur Opera Turbo, yang mana mampu merute ulang jalur data ke server Opera, sehingga meskipun Anda mengaksessnya menggunakan koneksi lambat atau sedang bermasalah tidak terlalu terasa perbedaannya, browsing tetap lancar jaya. Kerja bagus wahai Opera.

#2. Google Chrome

Chrome dikenal sebagai browser paling efisien. Sangat brilian dalam memanfaatkan ruang layar, sehingga monitor terasa lebih luas. Ya, chrome juga dikenal dengan kemudahannya dalam kostumisasi sesuai kebutuhan, bahkan Anda pun bisa dengan mudah membuat extensionnya. Chrome merupakan pionir browser populer yang cross platform, tersedia untuk berbagai sistem operasi. Chrome dibuat oleh perusahaan raksasa teknologi Google, terkenal sebagai browser yang cepat, ringan, juga aman.
Namun bukan berarti chrome tidak memiliki kelemahan, chrome merupakan browser yang paling Boros memakan sumber daya, terutama RAM, sehinnga chrome tidak cocok digunakan dengan komputer yang RAM nya terbatas, bisa membuat lag kinerja komputer jelas turun, sehingga jelas terasa sekali jika Anda membuka banyak tab atau windows di chrome komputer/laptop terasa sangat lambat. Meski begitu Chrome terkenal sebagai browser yang kaya fitur bagi developer, seperti sudah support Virtual Reality, dan mendukung banyak sensor. Salah satunya sensor cahaya dan sensor gerak.

dan sampailah pada urutan Pertama bung, (Meski dhk enineering jarang pake sih).

#1. Mozilla Firefox Quantum

Dan Mozilla FIrefox kembali merajai browser populer dunia dan berhasil merebut kembali tahta Kerajaan sebagai browser terbaik dunia, hal ini didapatkan setelah melakukan banyak perubahan dan perbaikan disana-sini dan kesana-kemari (Kesana kemari mencari alamat, jadi nyanyi gue haha). juga Firefox baru saja melakukan pembaharuan setelah 13 tahun, dan hal ini tentunya mengesankan banyak pihak, terutama techradar sebagai vendor yang gencar melakukan review software. Dahulu kala firefox sempat merajai dunia per-browser-an, revolusi browser seperti flexibilitas browser yang memungkinkan user bisa mengkostumisasi sesuai dengan kebutuhan, namun semenjak adanya chrome yang sama-sama bisa dikostumisasi seperti menambahkan extension (Tools-tools "Benda" yang ditambahkan) menjadikan user semakin berpengalaman dan membandingkan browser-browser dari sisi kecepatan, sehingga ramai-ramai user akhirnya pindah ke chrome browser. Tapi perombakan terjadi firefox kembali berada di nomor urut 1.

Disisi lain kecepatan Mozilla sangat memperhatikan betul masalah privacy penggunanya, mozilla yang menaungi firefox, merupakan organisasi non profit, sehingga Kawan-kawan tidak perlu khawatir karena data privasi itu tidak akan diperjualbelikan. Mozilla pun selalu melakukan update privasi secara berkala yang tentunya hal ini sangat menolong user dalam memproteksi datanya. Selain konsen di masalah privasi, firefox pun terus menerus meningkatkan sistem keamanannya, kini di dalamnya sudah ada fitur yakni ad tracker bawaan untuk memblok iklan yang mana biasanya malicious code muncul dan bercokol di dalamnya, dan yang lebih hebat lagi browser firefox ini menjadi pionir browser yang memungkinkan Anda login tanpa password (teknologi WebAuthn). Namun bukan berarti firefox cepat secara absolut, masih unggul chrome untuk beberapa hal. Paling tidak video yang dirilis oleh mozilla https://www.youtube.com/watch?v=J2b9of7Xeqc menjadikan firefox sebagai browser terbaik 2018.


Itulah ulasan tentang Broser terbaik yang sudah dhkengineering paparkan, tentu setelah ini mungkin kawan-kawan bisa memilih sendiri Browser yang mana yang kena di hati, cocok di lidah, harum di badan ( ah haha, Apapun lah itu). ya semoga ini bermanfaat, dan salam "Browser Pilihan!"




sumber lain 
- https://www.ilmuwebsite.com/daftar-6-browser-paling-cepat-dan-aman-firefox-kembali-merajai

- https://www.youtube.com/watch?v=J2b9of7Xeqc






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan