Monday 12 November 2018

Game : Perbedaan PUBG dan Free Fire


PUBGFree fire, dua game ini selalu bisa meramaikan suasana, di cafe misalnya (emang dasarnya udah rame kali ya :) ), dimana-mana selalu ramai dengan kedua Game ini. untuk itu kita akan bahas mengappa game ini begitu memikat untuk dimainkan, semenjak Kedua game ini masuk dalam jejeran game favorit di tahun 2017-2018, tidak tahu tahun depan masih bertahan atau tidak,kita lihat saja, (dekat pemilu solanya, hehe. gak ada hubungannya ya, hehe). sangat banyak sekali User-user baru yang terus bertambah, sampai saat ini Game PUBG sudah mengantongi 400 Juta pemain dari seluruh jagat raya ini. dan JIka ingin disuruh milih antara keduanya jujur aku lebih milih kamu ( iya Kamu, haha).
Game rancangan Brendan Greene ini sangat menarik peminat Sepanajang tahun 2017-2018 ini Banyak kita temui orang-orang yang nongkrong di Cafe dan bermain Bersama (Mabar) PUBG dengan teman-teman. Sangat seru memang.



Ternyata setelah di pikir-pikir Game ini seperti gambaran umum dari Game Genre perang : Conter Strike yang dulu juga sempat Viral di kalangan Gamer. jika kita boleh mengulas ulang lagi, semua Game ini bagus, yang membuatnya menjadi sebuah hal yang akhirnya kurang menarik di kalangan menengah ataupun Profesioanal adalah adanya bentuk tiruan yang dilakukan dalam pembuatan Game, ini bukan sejenis vonis atau pendapat Real, namun ini hanya sekilas pandangan.
Pertama dari segi :

1. Grafis


Ini yang membuat mata sejuk dan nyaman ketika bermain. Ini yang di nanti-nati jika keluaran terbaru dari sebuah produk game. Ini yang menjadi penilaian sekilas tentang bagaimana mutu sebuah Game. Dalam beberapa kesempatan kita bisa melihat bahwa Grafis sangat mempengaruhi mood pemain, dari segi ini nampaknya menurut Dhkengineering, PUBG Lebih Unggul dari pada Free Fire. Alasanya jelas pada titik terang nuansa Game, gerak gerik dan lirik (lirikan matamu menarik hati, haha) juga dari segala aktivitas game ini khususnya pada saat bermain ada pilihan grafis yang di tawarkan, ada mode rendah, sedang dan tinggi, bahkan super tinggi.

2. Gameplay




Memang kedua game sama, yaitu berjuang sendiri atau berkelompok kemudian sama-sama turun dari pesawat menuju ke sebuah pulau dengan parasut dan loot untuk siap tempur. Namun walaupun begitu, PUBG mobile lebih memiliki kesan lebih menarik, hal itu tidak lain saat ini Free Fire sudah dipenuhi oleh para cheater sehingga permainan tidak seru lagi. Meski sudah diketahui, namun itu beberapa saja, belum semuanya cheater tertangkap.



3. Peta



Inilah keadaan peta di PUBG dengan segala nama desa atau titik lokasi yang ada didalamnya, kalau sudah main dan melihat peta seperti ini maka hati berdetak kencang seperti genderang mau perang (hahaha, disetiap ada kamu mengapa darahku mengalir, nyayi bentar kita ) oke, lanjut, melihat peta yang ada di PUBG ini membuat kita bisa membedakan kualitas yang ada.



PUBG lebih unggul dengan sistem penempatan pemain yang kadang tidak mesti harus berdekatan dengan pemain lainnya. (wah jika itu sampai terjadi, degdegan banget jadinya) haha.  
Dan di peta ini memang besar sekali (maksunya luas) dibandingkan dengan Free Fire.
Sehingga pada saat peta yang besar maka langkah untuk mengambil tindakan ke zona aman akan terasa sedikit melelahkan jika jauh dari Safe Zone (itupun tergantung posisi sebenarnya, kalau posisi sudah aman ya aman-aman saja, yang penting hati-hati biar gak kena Sniper tuh Kepala hahaha).


4. Game Server 


Selanjutnya Tentang jaringan. Karena kedua game ini sama-sama berbasis online maka sudahpasti koneksi jaringan harus diperhatikan. Disini Free Fire lebih unggul karena sudah memiliki server sendiri di Indonesia, sedangkan PUBG masih berbasis benua (Asia, Eropa, dan Amerika Utara). Ini juga berkaitan dengan data-data yang tersimpan dalam server, berapa kebutuhan data dalam satu koneksi dan bagaimana cara efesien untuk data tersebut bisa berjalan lancer aman dan terkendali maka dibutuhkan Bandwith yang sangat besar untuk menunjang kecepatan koneksi. Ini juga tentang kapasitas-kapasitas yang ada di server seperti yang telah dhkengineering ulas dalam Nama-nama Kapasitas Penyimapanan. Berbeda dengan Free Fire yang memang sudah menggunakan server lokal maka ping Free Fire juga lebih cepat dan stabil sehingga permainan dapat berjalan lancar.

pada akhirnya, kita harus menyesuaikan kemampuan Perangkat dengan Game sejenis ini. Karena dengan begitu apapun dan manapun Game yang dipilih,baik itu PUBG atau Fre fire. Menurut dhkengineering dan mungkin kawan-kawan sepakat bahwa game PUBG  memang lebih layak dan cocok digunakan pada perangkat yang standart, dan PUBG layak di gunakan di Perangkat yang tinggi Spesifikasinya.
Itulah ulasan atau review dari dhkengineering game PUBG dan Free Fire, dan ingat satu hal bahwa apapun pilihan Game mu pastikan itu nyaman, dan tenang.

Salam Gamers…

.

tantangan dan harapan