Sunday 4 November 2018

Info : 9 Maskapai Penerbangan Terburuk di Indonesia & Terbaik 10 Dunia

   Jarak yang membuat kita sulit mempertemukan, namun juga terasa dekat jika transportasi yang kita gunakan juga tidak membuat kita takut untuk melangkah untuk terbang, dan pastinya ini tentang pesawat. ada banyak pengalaman yang akan dirasakan ketika akan naik pesawat, ada yang seperti kasmaran jika bar pertama kali ( iyakah? ), perasaan lain yang membuat adrenalin meningkat serta semangat berlipat-lipat ( Seperti lipatan baju haha).  Baik kali ini dhkengineering kurang lebihnya sudah membagikan sebuah pengalaman ketika akan naik pesawat, karena dulu itu yang dirasakan saat pertama kali.

Memang terkait dengan keselamatan itu tidak ada siapapun yang menjamin, berangkat dari tingkat kesadaran kita dalam mengevaluasi yang terjadi, minimal mampu meminimalisir agar semua kemungkinan hal buruk tidak terjadi, apalagi sampai berulang kali melakukan kesalahan yang sama (Seperti engkau yang pernah salah memetik bunga, haha. akhirnya bunga itu jadi milik orang lain, wuiih dala m bro :) ). 

Lalu yang mungkin sepintas tentang keselamatan dalam mengudara tergolong tidak begitu kita Pikirkan( ini biasanya yang sudah sering naik pesawat ).  karena memang hal itu dianggap sudah ada yang menangani secara rinci, baik itu dari segi kehandalan Mesin Pesawat, tentang Kualitas Penerbangan, dan lainnya. 

kita ketahui bersama bahwa kualitas Maskapai penerbangan dari sisi Teknologi, ini sudah tergolong sangat canggih. semua yang berkaitan dengan aktivitas penerbangan sudah di atur sedemikian rupa dan sangat apik dalam aturan main serta terlihat ketika kita berada di sebuah bandara udara, tercermin kedisiplinan waktu yang terlihat nyata disana. 
Disisi lain dengan berkembangnya informasi, semua itu seakan musnah saat ada sebuah kecelakaan yang menimpa Maskapai. Pesawat Jatuh misalnya, kesalahan teknis, dan lainya. ini membuat persektif yang muncul menjadi kontradiksi dengan keadaan yang terjadi. dari yang awalnya tidak tahu tentang dunia penerbangan kemudian tahu setelah informasi dari kanan kiri berhamburan karena sebuah musibah dan kejadian, ya minimal informasi tentang itu.

Dari berbagai sumber terkemuka yang ada, bahwa ada 9 Maskapai penerbangan yang masuk dalam kategori penerbangan Terburuk di Republik ini.



1. Kalstar Aviation, Indonesia
     Maskapai Penerbangan yang didirikan oleh agen perjalanan bernama sama di Samarinda ini beroperasi sejak 2008. Saat ini Kalstar Aviation mengusung armada mini yang kebanyakan jenis pesawat berbaling-baling ATR buatan Perancis. Pesawat Kalstar pernah tercatat tergelincir di Kupang  Pada 21 Desember 2015.
Pesawat yang tergelincir diduga akibat cuaca buruk yang melanda wilayah NTT. Pesawat tergelincir di runway 25 sejauh 200 meter dari landasan pacu. Namun belum diketahui nomor penerbangan dan jumlah penumpang pesawat waktu itu. (Sumber : Tempo)
2. Lion Air, Indonesia
PT. Lion Mentari Airlines beroperasi dengan sebutan sebuah nama yang sangat familiar di telinga yaitu, Lion Air. sebuah maskapai penerbangan berbiaya murah yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia.
Lion Air sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia. Dengan jaringan rute di IndonesiaFilipinaMalaysiaThailandAustraliaIndiaArab Saudi, dan Jepang, serta rute charter menuju Cina Hong KongKorea Selatan, dan Makau. Lion Air menjadikan dirinya sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan AirAsia dari Malaysia. Sepanjang tahun operasionalnya, Lion Air mengalami penambahan armada secara signifikan sejak tahun operasionalnya pada tahun 2000 dengan memegang sejumlah kontrak besar, salah satunya yaitu kontrak pengadaan pesawat dengan Airbus dan Boeing dengan total keseluruhan sebesar US$ 46.4 Milliar untuk armada 234 unit Airbus A320 dan 203 Pesawat Boeing 737 MAX. Perusahaan sendiri telah memiliki perencanaan jangka panjang pada maskapai untuk memberdayakan armadanya untuk mempercepat ekspansinya di kancah regional Asia Tenggara dengan membuat anak perusahaannya sendiri, yaitu Wings Air dan Batik Air sebagai pemerkuat operasional maskapai di Indonesia dan untuk di luar negeri, Lion Air memperkuat kehadirannya dengan mendirikan Malindo Air dan Thai Lion Air.

3. Citilink, Indonesia
Citilink yang beroperasi sejak tahun 2012 adalah upaya Garuda Indonesia untuk mengimbangi arus penerbangan murah yang sedang menggeliat di tanah air. Saat ini Citilnk telah memesan puluhan pesawat A320 teranyar dari Airbus.
Namun maskapai asal Surabaya ini tetap masuk dalam daftar hitam Uni Eropa dan diplot sebagai salah satu maskapai paling buruk di dunia oleh Airlineratings.com
4. Sriwijaya Air, Indonesia
Didirikan oleh keluarga Lie, pesawat yang baru seumur jagung ini mencatat beberapa insiden dalam sejarahnya. Sriwijaya Air pernah tergelincir pada 2008 di Bandar Udara Sultan Thaha hingga menabrak tiga orang.
5. Trigana Air Service, Indonesia
Nama maskapai milik konglomerat Rubijanto Adisarwono ini masuk dalam daftar hitam EropaSejak kecelakaan di Oksibil, Papua, nama Trigana Air Service mencuat karena Kejadian  menewaskan 56 orang penumpang . Sejak itu Maskapai Trigana ber armadakan sejumlah pesawat baling-baling ATR dan Boeing 737-200.
6. Wings Air, Indonesia

Kejadian yang sama Batik Air. terjadi pada maskapai yang dimiliki sepenuhnya oleh grup Lion Air. Sejak 2003, maskapai ini lebih banyak melayani rute penerbangan ke kota-kota kecil. Wings Air masih tercatat dalam daftar larangan masuk Uni Eropa.

7. Xpress Air, Indonesia

Pesawat yang didirikan pada 2003 ini awalnya hanya melayani rute penerbangan di timur Indonesia. Sejak 2007 maskapai ini masuk dalam daftar larangan terbang Uni Eropa. Xpress Air berarmadakan 12 pesawat yang sebagian besar tipe Boeing 737.
8. TransNusa Air Service

beroperasi dari tahun 2005, maskapai milik pengusaha muda Juvenile Jodjana ( Bos TransNusa Masuk Dewan Komisaris PT Flobamorini awalnya harus meminjam pesawa t milik Pelita Air dan Trigana Air. Trans Nusa yang bermarkas di Kupang Kemudian banyak Menjalankan pesawat baling-baling ATR untuk melayani rute di bagian timur Indonesia.
9. Blue Wing Airlines, Suriname



Beroperasi dari tahun 2002, pada 2007 Maskapai asal Suriname ini sempat dicoret dari daftar hitam penerbangan Uni Eropa. Tapi maskapai yang awalnya hanya bermodalkan pesawat kecil seperti Cessna (Pasawat yang isinya 4 orang itu) atau DHC Twin Otter, kembali mendapat larangan terbang di Eropa tahun 2010. Airline Ratings mencatat Blue Wing sebagai maskapai terburuk selama dua tahun berturut-turut


    Setelah Kita mengulas Maskapai Terburuk di Tanah Air Indonesia selanjutnya dhkengineering Ingin beralih ke Pembahasan Maskapai terbaik dunia.
Sebagaimana Konsultan yang merating maskapai penerbangan dan bandara kali ini adalah Skytrax, ia baru saja mengumumkan daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Setiap tahunnya konsultan asal Inggris ini, menggelar survei secara online untuk memilih maskapai penerbangan terbaik dunia. Maskapai mana saja yang menjadi terbaik untuk tahun ini?. dhkenineering akan membahasnya.
Dalam membahas ini dhkengineering atau pembaca sadar bahwa yang tercantum meupakan Maskapai yang sering digunakan Kaum Elit ( wuih High Class lah pokok e, haha, Dompet harus tebal).
Namun sebelum itu dhkengneering heran mengapa tertarik untuk mmbahas ini semua,
Entahlah kita ikuti saja alurnya J.

Jadi kita  akan mulai dari urutan ke 10 dalam daftar Maskapai Terbaik dunia.

Maskapai terbaik dunia 2018


 #10 Thai Arways ( Thailand )


Maskapai penerbangan nasional Thailand (Wah Sawadikap nih, haha)  yang awalnya didirikan dengan kerjasama dengan maskapai Skandinavia yang kemudian diikuti dengan pengakuan dari pemerintah Thailand dengan kepemilikan sepenuhnya dimiliki dan merupakan anggota pendiri dari Star Alliance. Setelahnya, maskapai ini semakin berkembang baik armada maupun tujuan yang diterbangi. Tahun 1990an, maskapai ini masuk dan memperdagangkan sahamnya di Bursa Saham Bangkok. Maskapai yang punya Sogan “Smooth as silk” ini mempunyai Jumlah 82 pesawat  dengan total Dstinasi 72 Tujuan.

 #9 Garuda Indonesia


Bahwa Ternyata, (Sok Heboh gue), Garuda Indonesia masuk dalam jajaran terbaik di dunia. Di mana posisi Garuda Indonesia dalam percaturan maskapai di dunia adalah Urutan Ke -9
Dikutip dari keterangan https://www.cnnindonesia.com
Garuda Indonesia saat ini memiliki total 196 Pesawat  yang terdiri dari: Boeing 777-300ER, Boeing 737-800NG, Airbus A330-200, Airbus A330-300, CRJ1000 NextGen, dan ATR 72-600. Pada 30 September 2018, rata-rata usia armada kami adalah 6,62 tahun, dan jumlah tujuan penerbangan yatu 90 tujuan baik itu dalam maupun luar negeri.
(Laba bersih : Rp. -896 Milliar)

#8 Hainan Airlines ( China )


Hainan Airlines merupakan nama maskapai penerbangan yang bermarkas di Haikou, Hainan, Republik Rakyat Tiongkok. Didirikan pada tahun 1989 dengan nama Hainan Province Airlines. Basis utamanya adalah Bandara Internasional Ibukota Beijing, Bandara Internasional Xianyang Xian, Bandara Wusu Taiyuan and Bandara Internasional Diwopu Urumqi.


#7 Lufthansa ( Jerman )


Deutsche Lufthansa AG  merupakan maskapai penerbangan terbesar di Eropa berdasarkan jumlah penumpang yang diangkut (kedua adalah Air France – KLM), dan maskapai penerbangan nasional Jerman.
Nama perusahaan berasal dari kata Luft (kata Jerman berarti "udara"), dan Hansa (dari Liga Hansa, grup perdagangan abad pertengahan terkuat).
Maskapai ini adalah yang terbesar kelima menurut jumlah penumpang yang diangkut, mengoperasikan penerbangan ke 209 kota di 81 negara. Bersama dengan rekannya Lufthansa terbang ke 410 kota.  Memiliki armada maskapai penumpang terbanyak kedua di dunia, bila digabung dengan Lufthansa CityLine, Air Dolomiti, Eurowings, Germanwings, Augsburg Airways, Contact Air, dan Swiss International Air Lines, berjumlah 529 pesawat.


#6 Cathay Pacific ( Hongkong )


Sebuah maskapai dengan penerbangan yang berpusat di Bandar Udara Internasional Hong Kong, Hong Kong. Maskapai ini melayani kira-kira satu juta penumpang per bulan ke 62 tujuan dan berhasil membukukan laba 4.417 juta dolar Hong Kong 


#5. Eva Air


EVA Air Yaitu maskapai yang banyak corak gambaarnya dengan penerbangan yang berpangkalan di Bandara Internasional Taoyuan Taiwan, Republik Tiongkok. EVA Air didirikan tahun 1989 dan merupakan salah satu subsidiari dari Evergreen Group.
Jumlah pesawat : 74
Jumlah Destinas : 62



#4. Emirates



Ini nih, elit sekali, Emirates Sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab. Maskapai ini mengalami perkembangan pesat sekitar tahun 2000-an di saat maskapai lain berjuang untuk bertahan dari kebangkrutan. Emirates sekarang melayani berbagai tujuan di Timur Tengah, Timur Jauh, India, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara.

Emirates didirikan Mei 1985 oleh Pemerintah Dubai dan beroperasi sejak 25 Oktober 1985 dengan penerbangan ke Bombay, Delhi, dan Karachi. Tujuan di Eropa ditambahkan pada Juli 1987 dan ke Timur Jauh pada Juni 1990.
Jumlah pesawat : 255
Jumlah Destinas : 150



#3. Ana (All Nippon Airways)



ANA merupakan maskapai penerbangan Jepang yang berkantor pusat di Shiodome City Center, kawasan Shiodome, Minato, Tokyo. ini juga berstatus sebagai Maskapai Penerbangan Nasional Jepang. ANA melayani 49 destinasi domestik, 35 rute internasional dan memiliki total pegawai 14.179 orang (data Mei 2009). Hub internasional ANA di Bandar Udara Internasional Narita dan Bandar Udara Internasional Kansai, sementara hub domestik di Bandar Udara Internasional Tokyo, Bandar Udara Internasional Osaka, Bandar Udara Internasional Centrair Chubu (dekat Nagoya), dan Bandar Udara New Chitose (dekat Sapporo).
Maskapai penerbangan anak perusahaan ANA  adalah maskapai penerbangan regional Air Nippon, maskapai penerbangan carter Air Japan, dan maskapai penerbangan murah Air Next yang berbasis di Bandar Udara Fukuoka. Maskapai penerbangan kecil milik ANA terdiri dari Air Nippon Network (A-net, anak perusahaan Air Nippon), Air Central (maskapai penerbangan yang mengoperasikan Q400 di Bandar Udara Internasional ChÅ«bu Centrair, dan ANA & JP Express (AJV), sebuah perusahaan kargo.

LABA BERSIH : YEN 143 MILLIAR
Jumlah pesawat : 221
Jumlah Destinas : 97

#2. Qatar Airways


Qatar Airways (Bahasa Arab: القطرية) adalah nama maskapai penerbangan Qatar, yang memiliki basis utama di Bandara International Doha. Saat ini, Qatar Airways melayani 75 tujuan internasional dan merupakan salah satu dari 5 maskapai pernerbangan yang mendapatkan status five star airlines dari Skytrax. Qatar Airways juga merupakan anggota Arab Air Carriers Organization

Saat ini, Qatar Airways merupakan Maskapai terbaik di Dunia berdasarkan penilaian Skytrax, di mana Maskapai ini berhasil memperoleh penghargaan World's Best Airlines pada tahun 2011 dan 2012. Pada tahun 2013 Qatar airlways menepati posisi ke dua sebagai "World's best airline" dan mendapatkan penghargaan sebagai maskapai penerbangan kelas bisnis terbaik di dunia versi skytrax

Jumlah pesawat : 220
Jumlah Destinasi : 150

#1. Singaore Airlines


Dan Sampailah di urutan yang mungkin dinantikan, ia adalah Singapore Airlines (Yang ada singanya tu loh hehe). Singapore Airlines adalah salah satu maskapai terbaik dan tersukses di Asia dengan penerbangan ke Eropa, Amerika Utara, serta Asia dan Australia. Penerbangan ke beberapa kota Asia Tenggara, Republik Rakyat Tiongkok, dan India ditangani oleh SilkAir sedangkan kargonya ditangani oleh Singapore Airlines Cargo. Mengikuti tren pesawat dengan tarif murah (low-cost carrier), Singapore Airlines membuka Tiger Airways yang juga bermarkas di Bandara Internasional Changi Singapura.

Laba bersih : s$ 893 Juta
Jumlah pesawat : 255
Jumlah Destinasi : 150

       Dengan segenap sharing yang ada, sampai disini dulu pembahasan ini, atau sudahlah cukup sampai disini untuk membahas Maskapai-maskapai Penerbangan, Ya Semoga saja ini bermanfaat untuk minimal sekedar pengetahuan.















No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan