Friday 31 December 2021

Sejarah terbentuknya Youtube dan Blogger


Sebenarnya tak perlu panjang kali lebar lagi menjelaskan apa itu youtube. Karena hampir di semua bagian dalam aktifitas sehari-hari kita bisa melihat referensi yang jelas dari Video-video yang di share di sebuah situs bernama youtube. 
Namun kali ini khusus akan ku ceritakan sedikit tentang awal mula terciptanya situs Youtube dan Blogger. 

Ya begitulah ide.Ia muncul saat kondisi terjepit bahkan. itu terjadi pada

Hurley dan Chen. Karena berdasarkan cerita awal mula terbesit ide untuk mendirikan Situs youtube sendiri adalah karena mereka mengalami kesulitan untuk membagi video. YouTube memang mulai menjadi startup teknologi setelah menerima investasi dari Sequola Capital sebesar USD 11.5 juta.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Secara Teoritis YouTube adalah situs berbagi video yang didirikan oleh seseorang yang pernah bekerja di PayPal ( Perusahan E-Money Besutan dari Tesla) ini , mereka pasti Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005. Wikipedia menyebutkan bahwa situs ini sudah beralih menjadi milik Google pada akhir tahun 2006 hingga sekarang, lumayan lama memang.

Untuk menyajikan sebuah konsep dan konten di situs ini bisa dilakukan oleh individu maupun kelompok, Seperti yang dilakukan beberapa perusahaan media seperti Hulu, CBS, BBC, Vevo, dan perusahaan lain yang menayangkan materi mereka melalui situs ini sebagai bentuk kerja sama agar brand sampai kepada semua pihak.

Video pertama yang diunggah di situs ini berjudul "Me at the zoo" 

yang menayangkan salah satu pendiri YouTube saat berada di Kebun binatang San Diego. Video ini diunggah pada 23 April 2005 dan masih dapat dilihat hingga saat ini.

Sekarang pengguna internet dapat dengan mudah berbagi video melalui situs YouTube dengan hanya membuat channel yang dapat diregistrasi secara gratis.

Pengertian dan Sejarah Blogger dalam tulisan ini merupakan pengertian nama layanan blog milik Google yaitu blogger.com. Sedangkan pengertian blogger yang sebenarnya adalah orang yang melakukan kegiatan weblog (blog).

Blogger.com merupakan layanan blog dengan hosting gratis milik dari perusahaan raksasa terkenal, Google. Dengan menggunakan nama domain blogspot.com semua orang bisa menikmati layanan ini dengan gratis.

Sejarah Singkat Blogger
Blogger. ya inilah yang sering digunakan ketika kita tidak punya pilihan lain dalam keinginan memiliki sebuah website yang ramah dan familiar.
dari sisi Salah kaprah pengertian blogger itu disebabkan penggunaan nama blogger menjadi sebuah layanan blog yang dibuat oleh Pyra Labs milik Evan Williams dan Meg Hourihan pada tahun 1999 yang menggunakan nama awal Pyra.

Kanal Pengetahuan

Awalnya hanya sebuah aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Kemudian aplikasi Pyra diubah menjadi Blogger sebagai format blog untuk internet meski masih dalam taraf beta.

Format blog yang bernama blogger tersebut oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey, pada 23 Agustus 1999 mulai disebarkan di internet dengan membayar lisensi penggunaannya, tidak gratis seperti sekarang. Tahun 2002, aplikasi blog Blogger didesain ulang keseluruhan agar lebih simpel, mudah dan ditawarkan kepada perusahan-perusahaan. Globo dari Brazil yang pertama kali berminat.

Google sebagai pendatang baru di internet tertarik dan pada Pebruari 2003 Blogger diakuisisi. Bukan hanya aplikasinya, juga perusahaan sekaligus pendiri dan seluruh karyawannya. Namun Evan Williams salah satu pendiri Pyra, mengundurkan diri tahun 2004.

Pada 9 Mei 2004, Blogger diperbaharui memenuhi standar web. Beberapa fitur ditambah seperti halaman arsip individual untuk posting dan komentar, serta fitur posting blog melalui email juga ditambahkan untuk memudahkan membuat artikel.



tantangan dan harapan