Saturday 23 June 2012

Menggali motivasi yang terbenam




Suasana yang kita alami sekarang dan nanti tentu memerlukan sebuah rencana, Rencana yang besar yang sudah tertanam rapi dalam motivasi, saat-saat rasa semangat Itu datang Hal yang sulit juga terasa ringan, seolah-olah tak ada lagi yang harus di khawatirkan.

Ketika rencana itu terhalang oleh sebuah halangan yang tak bisa membuat kita bergerak Seperti semula, ya mungkin itu di sebabkan karena hal yang kita benci dan tak bisa terkendali. Datang secara tiba-tiba dengan secara langsung mengubah situasi menjadi amburadul dan suram. Seperti Kurangnya dukungan yang seringkali ketika kita merasa seperti tidak ada yang mendukung kita selama masa sulit, tanda-tanda motivasi memudar kian terlihat. Memiliki orang yang bisa memberikan dukungan atau suport adalah motivasi besar, mereka juga dapat membantu meningkatkan keyakinan Anda pada diri sendiri. 

Hal selanjutnya adalah karena Kegagalan yang terus menerus yang membuat pikiran jenkel dan ingin menghindari hal itu. Namun ada yang lainnya juga yang bisa dikatakan sebagai penghambat motivasi Hingga terkadang kita tak bisa mengungkapkannya dengan ucapan dan perkataan yang di
tanyakan orang,(mengapa anda seperti ini sekarang??? ) dan kita tidak bercerita apapun selain menutup diri dalam kesendirian, hanya kita dan tuhan yang tahu Dan ini sangat fatal sekali. 

Disinilah kita mulai belajar tentang menata motivasi yang sebenarnya dan meletakkan dimana kita harus memberi tahu diri sendiri terhadap masalah yang di hadapi, memberitahu diri bahwa  semuanya akan membaik dan indah pada waktunya. Setelah itu ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu kita semua untuk menanam kembali  motivasi yang terbenam itu menjadi tujuan yang  sebenarnya, hal yang pertama sekali yang harus di tanamkan adalah dengan terlebih dahulu mengisi tujuan yang jelas, kita tidak bisa mencapai sebuah tujuan dengan hanya di barkata-kata saja, melainkan juga harus di sertai action ataupun tindakan yang membuktikan bahwa kita benar-benar merasa mempunyai tujuaan yang jelas, walaupun tujuan itu tidak se-spesifik yang di harapkan namun dengan kejelasan itulah nantinya kita bisa menuju ruang kejelasan yang nyata pada keberhasilan.

Kemudian tetap mencoba walau tidak bisa apa-apa, setiap yang kita jalani sekarang khususnya dalam dunia kampus, ada yang terkadang meragukan tindakan kita baik itu melalui komentar-komentar pedas yang terdengar, dan lain  sebagainya,  ya memang benar adanya dan kita ketahui secara umum bahwa komentar-komentar itu merupakan hal yang wajar dan bisa di katakan sebagai  peringatan yang membuat kita mengerti agar tidak mengulanginya lagi, namun di sisi lain kita harus lebih teliti dalam hal ini melalui penalaran yang kita miliki artinya apa, kita tidak bisa terdiam saja saat orang lain memberikan penilaian yang tidak wajar , itu merupakan komentar-komentar negative yang sekiranya mampu kita saring lebih dalam lagi, agar motivasi yang kita miliki tidak bergeser sedikitpun dari tempatnya. Kemudian yang selanjutnya adalah tentang waktu yang di pergunakan, waktu sangat mempengaruhi gairah pada diri kita.



Terkadang kita merasa waktu yang kita miliki tidak pernah cukup. Sebenarnya berapapun waktu yang kita miliki itu sudah sangat cukup. Hanya saja terkadang kita tidak memanfaatkannya dengan baik, maka dari itu kita bisa
mengatur waktu itu dengan membuat agenda atau daftar harian.

sekian dan terima kasih,………..



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

tantangan dan harapan